Ide Bisnis di Tengah Corona dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

Ada beberapa ide usaha yang bisa kamu jalankan saat sosial distancing diberlakukan.

Wabah Covid19 atau Corona menghantam semua hampir semua sektor ekonomi. Siapa yang mengira kalau corona ini akan menjadi pandemi yang menyebar ke seluruh negara di dunia.

Tidak tanggung-tanggung jutaan orang sudah terinfeksi, ratusan ribu sudah tewas akibat infeksi virus yang berasal dari Wuhan, China ini.

Kini, virus ini juga menyerang Indonesia. Dan secara perlahan menyebar luas ke berbagai daerah di Indonesia. Sehingga mengakibatkan bencana yang luar biasa.

Hingga April 2020 saja, tidak kurang dari 10.000 orang sudah terinfeksi, sekitar 700an orang meninggal karenanya.

Dampak corona yang sangat luar biasa ini membuat orang banyak kehilangan pekerjaannya, sehingga pengangguran meningkat di berbagai daerah. Bahkan di Jakarta saja, dari Detik Finance menyebutkan tidak kurang dari 600ribu buruh kena PHK dan 1,8 juta orang kena imbas di rumahkan.

Bisa kita bayangkan berapa jumlah orang yang terdampak akibat corona ini. Berapa tanggungan masing-masing pekerja tersebut. Sementara, hingga kini kita belum tahu kapan pandemi covid19 ini akan berakhir.

Efek sosial distancing serta penutupan tempat usaha membuat pemasukan banyak orang terhenti, padahal kebutuhan harian mulai dari makanan, kesehatan hingga pendidikan tetap berjalan, apalagi untuk mereka yang punya tagihan di Bank atau leasing.

Kita harus bisa memutar otak untuk mencari sumber pemasukan lainnya. Ada beberapa ide bisnis di tengah corona yang bisa kamu jalankan.

Ide Bisnis di Tengah Corona

Kira-kira apa saja peluang bisnis di tengah corona yang bisa dijalankan?

1. Usaha Katering Harian

Efek sosial distancing membuat orang tidak bisa keluar rumah, kalau pun bisa sangat terbatas dan sulit tentunya. Nah ini bisa anda jadikan sebagai peluang.

Maksudnya?

Anda menjadi solusi untuk mereka yang tidak mau repot keluar rumah dengan menyediakan masakan untuk mereka.

Anda bisa menawarkan katering harian untuk orang-orang di sekitar anda tinggal atau anda juga bisa menawarkan melalui media online, bisa di medsos, WA story atau media lainnya.

Sebagaimana yang kita ketahui, sektor usaha rumah makan, kafe dan lain sebagainya di paksa tutup untuk mencegah mata rantai penularan covid-19 ini.

Sehingga tidak jarang juga mereka yang sering makan di luar kebingungan mencari tempat makan. Nah, kini kita menjadi resto yang siap mengantar keperluan makan mereka sehari-hari.

2. Bisnis Empon-empon

Anda bisa mengambil peluang untuk membuka usaha empon-empon atau jamu tradisional yang terbuat dari aneka tanaman rimpang seperti jahe, temulawak, kunyit, dan lain sebagainya.
Selain menyegarkan, jamu tradisional ini juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Apalagi di tengah pandemi corona ini, daya tahan tubuh sangat berperan untuk menangkal serangan virus corona.
Anda bisa menawarkan minuman jamu empon-empon di ke teman atau kenalan anda, bahkan anda bisa memanfaatkan media facebook, bukalapak, atau tokopedia untuk media promosi.

Bagaimana? Anda siap untuk jadi tukang jamu? 😀

3. Bisnis Masker Kain

Bisnis di tengah corona yang menjanjikan selanjutnya adalah jualan masker kain. Sebagaimana yang kita ketahui, masker medis yang dijual di apotek sempat mengalami kelangkaan, dan masker kain ini bisa menjadi solusi terbaiknya.

Selain itu, bentuk masker kain bisa kita buat semenarik mungkin, tentu ini menjadi keunggulan tersendiri masker kain.

Masker kain juga lebih ekonomis, meskipun harga jual lebih mahal ketimbang masker medis, namun karena bisa dipakai berulang kali setelah dicuci tentu sangat ekonomis.

Di tengah wabah korona ini memang kita diwajibkan memakai masker, hal ini guna mencegah empunya terlular virus dari orang lain, atau menghentikan penularan ke orang lain dari pemakai masker yang positif covid-19.

Buatlah masker kain yang berbahan dasar aman, serta nyaman. Anda bisa menggunakan bahan katun 100% ataupun kain yang memiliki tekstur halus seperti yang dibuat untuk sarung bantal.

4. Jual Sayur Secara Online

Kalau sebelumnya orang-orang menawarkan sayuran dengan cara berkeliling, kini cobalah untuk menawarkannya secara online atau via japri di WA.

Sebagaimana yang kita ketahui, pasar menjadi salah satu tempat keramaian yang harus dihindari, sehingga menawarkan sayur-mayur secara langsung bias menjadi pilihan terbaik untuk menghindari keramaian.

5. Jualan Kurma

Jualan kurma juga bisa menjadi ide bisnis di tengah corona saat ini. Apalagi saat sedang momen bulan puasa. Tentu jualan kurma menjadi lebih berpotensi.

Selain di bulan ramadhan, kita juga dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma yang terbukti menyehatkan ini.

Buah manis yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan cemilan tanpa takut gemuk. Anda bisa menawarkan berbagai jenis kurma seperti kurma khalas, ajwa, sakari dan lain seabgainya.

6. Usaha Frozeen Food 

Kenapa usaha makan beku?

Makanan beku bisa menjadi ide bisnis cemerlang di tengah pandemi korona. Saat ini kita tentu was-was untuk berlama-lama atau sering-sering keluar rumah.

Nah, makanan beku bisa menjadi pilihan untuk mereka yang was-was terlalu sering keluar rumah.

Anda bisa mengambil peluang ini sebagai usaha disaat covid19 ini.

Anda bisa membuat aneka makanan beku seperti nugget ayam, nugget daging, risol mayo, dan stik kentang goreng dan lain sebagainya.

Anda bisa memasarkan makanan beku ini secara online di akun media sosial atau menjualnya di berbagai toko online.

7. Madu murni

Madu sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Dengan rutin mengkonsumsi madu maka daya tahan tubuh kita akan lebih kuat.

Di tengah pandemi corona ini madu bisa menjadi solusi untuk menigkatkan daya tahan tubuh kita agar tetap prima dan bisa melawan virus covid-19.

Anda bisa menjual madu murni untuk memenuhi permintaan yang meningkat di tengah pandemi corona ini.

8. Berjualan Pulsa Elektrik

Meskipun kita beraktivitas #DiRumahSaja tapi tentu kita harus tetap berhubungan dengan orang lain, nah kita bisa memanfaatkan komunikasi via telp.

Penggunaan pulsa saat covid19 ini tentu akan meningkat. Karena kebanyakan aktivitas kita dilakukan dari jarak jauh.

Anda bisa mengambil peluang usaha ini dengan modal kecil saja. Bermodalkan 100.000 sampai 1juta kamu sudah bisa mulai berjualan pulsa elektrik.

Selain pulsa kamu juga bisa melayani pembayaran PLN, PDAM, tagihan tv berbayar dan lain sebagainya. Mulailah dari rumah anda sendiri dengan etalase kecil saja.

Satu kali transaksi jualan pulsa biasanya margin keuntungan seribu sampai dua ribu. Bisa kita hitung-hitung berapa keuntungan dari transaksi harian kita.

9. Jasa Les Privat

Selain #WorkFromHome saat ini anak-anak sekolah juga harus #StudyFromHome. Nah, akibat tidak bertatap muka tentu tidak semua anak bisa mengerti dan memahami pelajaran yang mereka harusnya dapatkan di kelas.

Nah, ini bisa anda manfaatkan dengan cara membuka les privat ke rumah-rumah secara langsung. Anda bisa menawarkan jasa guru privat bahasa inggris, IPA, matematika dan lain sebagainya.

Jadi buat orang tua yang kewalahan mengawasi atau menjelaskan pelajaran di sekolah kepada anaknya, bisa anda tawarkan jasa anda.

Buat orang tua yang tidak memiliki waktu menemani anak belajar karena #WordFromHome juga bisa menggunakan jasa les privat ini.

Berapa tarif sekali mengajar privat? Tarifnya tentu bervariasi, biasanya untuk 2 jam pertemuan bisa anda patok tarif Rp.50.000 sekali pertemuan.

Anda tertarik menjadi tentor privat di tengah aktivitas dari rumah? Tawarkan jasa terbaik anda.

10. Buka Toko Online

Masyarakat tidak dianjurkan untuk sering-sering keluar rumah. Nah, ini bisa menjadi peluang usaha untuk anda. Anda bisa membuka toko online yang menawarkan berbagai keperluan harian.

Kini toko anda sudah ada di dalam genggaman, sehingga tinggal pencet-pencet saja, pelanggan sudah bisa memesan berbagai keperluan mereka tanpa harus repot-repot keluar rumah.

Bagaimana cara membuat toko online?

Kalau anda punya modal lebih plus keahlian, anda bisa membuat website toko online anda sendiri.

Namun kalau anda tidak mau repot anda bisa memanfaatkan situs toko online yang sudah ada. Anda bisa daftr di Tokokopedia, Bukalapak, Shopee dan lain sebagainya.

Tentu ada potongan untuk setiap transaksinya.

Namun anda tidak perlu repot-repot membangun web sendiri. Dan untuk SEO anda tidak perlu pusing-pusing. Karena SEO menjadi kunci utama untuk web bisa masuk di dalam pencarian Google.

Nah, situs toko online besar tersebut biasanya tidak hanya unggul dari segi SEO saja, tetapi mereka juga menggelontorkan dana besar untuk beriklan.

Anda bisa menjual berbagai barang harian, kosmetik, empon-empon, kurma sampai madu murni. Silahkan anda jual barang anda di toko online anda sendiri.

Selain menjual barang miliki sendiri, anda bisa juga berjualan dengan sistem dropshop. Yaitu tanpa menyetok barang.

11. Menulis Online

Kalau untuk menerbitkan tulisan di majalah atau koran tentu butuh proses panjang serta kriteria yang berbelit dan ribet. Nah, kamu bisa menulis online untuk menambah penghasilanmu.

Ada banyak situs online yang menawarkan rupiah untuk siapa saja yang menulis artikel dan di setujui untuk diterbitkan.

Anda bisa menulis untuk situs-situs besar seperti Idntimes, Tempatwisataseru.com, ucweb dan lain sebagainya.

Selain menulis untuk orang lain, kamu juga bisa menulis untuk sendiri, yaitu dengan membuat blog atau web sendiri. Nanti kamu monitasi dengan Google Adsense.

12. Jual Kuota Internet

Saat aktivitas dari rumah yang paling dibutuhkan sekarang tentu kuota internet. Aktivitas belajar dari rumah, bekerja dari rumah biasanya menggunakan berbagai aplikasi video call yang butuh kuota.

Selain untuk aktivitas belajar dan bekerja, untuk menghilangkan bosan tentu kita bisa lakukan dengan bersleancar di internet.

Bisa dengan menonton youtube yang punya jutaan konten menarik tentu kita tidak akan bosan dengan rekomendasi videonya yang tidak ada habis-habisnya,

Nah kebutuhan internet yang melonjak ini tentu bisa menjadi pulang bisnis buat kamu.

13. NgeVlog

Peluang bisnis di tengah corona yang terakhir yang kami rekomendasikan adalah dengan membuat video kemudian di upload ke youtube. Aktivitas dari rumah ini tentu sangat membosankan kalau kita tidak ada aktivitas.

Sebelum pandemo covid saja jutaan orang menonton youtube setiap harinya. Apalagi ketika orang-orang memang harus di rumah, tentu akan lebih banyak lagi orang yang akan menonton youtube.

Bisa dibilang penonton youtube lebih besar ketimbang penonton tv. Kenapa? Karena kita bisa melihat channel youtube artis idola kita secara langsung. Kita bisa melihat aktivitas harian mereka di channel pribadi mereka.

Nah, anda juga bisa menjadi youtuber sukses lho.

Kamu bisa membuat channel tentang hobi kamu, mulai dari channel masakan, makan-makan, otomotif, beternak, budidaya sampai channel tentang militer.

Mulai lah upload video anda, dan lakukan secara konsisten hingga subscriber anda terus bertambah.

Setelah subscriber anda mencapai 1000 orang dan 4000 jam tayang, maka anda sudah bisa mendaftar ke Google Adsense untuk mendapatkan uang dari video youtube anda.

***

Bagaimana? Ternyata ada banyak peluang bisnis di tengah corona bukan? Kira-kira bisnis mana yang akan anda jalankan? Silahkan anda pilih satu diantara 13 peluang bisnis dari rumah di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *