Efek Corona, KFC Potongan dan Menunda Gaji Karyawan

Pandemi Covid-19 membawa dampak ke banyak sektor, salah satunya adalah sektor perekonomian. Banyak pekerja yang di rumahkan bahkan di PHK.

Ternyata efek ini juga berdampak pada perusahaan-perusahaan besar yang sudah puluhan tahun berdiri, sebut saja KFC.

Siapa yang tidak kenal dengan perusahaan fast food yang sudah menjamur di berbagai pelosok Indonesia ini.

Pihak manajemen KFC mengumumkan akan melakukan pemotongan hingga penundaan gaji serta THR seluruh karyawan KFC.

Pihak manajemen PT Fast Food Indonesia Tbk (FAST) menyatakan bahwa karyawan di area Jabodetabek adalah yang paling besar merasakan efek ini.

Dilansir dari Detik, Ketua Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI)  mengungkapkan, “Kalau ditanya bisnis apa saja, ya rata-rata bisnis waralaba yang notabenenya punya karyawan yang banyak seperti KFC sudah menerapkan kebijakan tersebut,” Senin (28/4/2020).

Menurutnya karyawan bisnis waralaba di Jabotabek (Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi) adalah yang paling dominan terkena imbas kebijakan tersebut. Lantaran bisnis semacam ini memang paling banyak tersebar di wilayah tersebut.

“Seperti yang kita tau paling banyak bisnis waralaba itu di Jakarta atau di Jabotabek, di wilayah itu juga ya yang rata-rata menerapkan kebijakan serupa,” katanya.

Meski demikian, tak semua bisnis waralaba di Jabotabek menerapkan kebijakan serupa ada juga yang masih membayar penuh gaji dan THR karyawan mereka.

“Tapi ada juga yang tidak melakukan hal tersebut ini kan tergantung daripada kondisi keuangan masing-masing bisnis. Jadi bukan semua juga seperti itu, tidak semua, jadi tergantung daripada kondisi finance bisnis masing-masing,” tutupnya.

Sumber: Detik Finance

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *