cool hit counter

Optimis Vs Pesimis

Optimis Vs Pesimis

Optimis Vs Pesimis

Sikap-optimis dalam menghadapi dan menjalani pekerjaan, bisnis, dan usaha, maka saya dan anda butuh mempunyai sikap optimis. Hal ini barangkali bukan urusan yang baru kita dengar, tetapi seringkali dilalaikan sehingga kita tidak menjangkau target atau tujuan Anda sebab sikap pesimis, demotivasi, dan berkeluh kesah.

Dr. Martin Seligman, seorang professor psikologi dari University of Pennsylvania mencatat sebuah buku yang menyatakan tentang perbedaan antara orang-orang pesimis dan orang-orang optimis. Buku yang berjudul “Learned Optimism – How to Change Your Mind and Your Life” ini dibentuk menurut penelitian yang dilaksanakan selama lebih dari 25 tahun yang mempelajari mengenai pola kecenderungan respon orang optimis dan orang pesimis.

Kesimpulan dari hasil penelitian Dr. Seligman ini terdapat sejumlah hal fundamental yang memisahkan reaksi antara orang optimis dengan orang pesimis. kita penasaran, apa sajakah tersebut ?

Pertama: orang optimis menyaksikan setiap kegagalan dan ketidakberuntungan sebagai sebuah hal yang mempunyai sifat sementara, di sisi beda orang pesimis akan menyaksikan ini sebagai sebuah hal yang mempunyai sifat permanen (selamanya).

Kedua: orang optimis tidak jarang kali melihat kendala sebagai urusan* yang mempunyai sifat spesifik, sedangkan orang pesimis menyaksikan ini sebagai urusan* yang mempunyai sifat umum.

Ketiga: orang optimis menyaksikan rintangan tersebut sebagai sesuatu yang berasal dari luar dirinya (eksternal), sementara orang pesimis akan menyaksikan rintangan itu dari segi internal/personal (pribadi).

keempat, Orang- orang optimis selalu memungut tindakan dari setiap persoalan secara responsif sementara orang yang pesimis memungut tindakan secara reaktif. Responsif ialah cara pandang yang positif dan konstruktif dalam menyaksikan permasalahan, sementara reaktif ialah suatu reaksi emosional dan cenderung mempunyai sifat negatif.

Kelima, Sikap optimis menciptakan kita mudah membetulkan diri sebab sadar bahwa nasib tergantung dari usaha yang anda lakukan. Berbeda dengan sikap pesimis yang memilih guna resisten terhadap perubahan.

Itulah beberapa perbedaan orang yang optimis dengan orang pesimis, semoga kawan Usahaku ialah orang yang tidak jarang kali optimis dalam menghadapi masalah dalam hidup. Salam Sukses!

Bagikan

Info Terkait

Komentar

Tinggalkan Komentar Anda

berikan komentar anda untuk berita/informasi ini. Terimakasih

Informasi Pengusaha

Scroll