cool hit counter

Pentingnya Strategi Pemasaran Bagi UKM

Pentingnya Strategi Pemasaran Bagi UKM

Pentingnya Strategi Pemasaran Bagi UKM

Sebagian besar dari pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) berasumsi bahwa marketing atau pemasaran ialah jualan, sebenarnya pengertian pemasaran belum pasti jualan. Pada dasarnya pemasaran adalah strategi yang mesti dipikirkan oleh pelaku bisnis untuk menambah nilai tambah sebuah produk. Ditengah kompetisi bisnis yang semakin ketat dan padat, UKM mesti mempunyai keunggulan dikomparasikan dengan pesaing atau pelaku usaha lainnya.

Dalam strategi pemasaran produk UKM, seorang pelaku usaha mesti mengetahui kemauan dari konsumen sampai-sampai Anda dapat menghadirkan produk yang diharapkan oleh semua konsumen. Bagi itu, perlu dilaksanakan evaluasi produk dengan teknik melakukan inovasi demi menemukan produk terbaik.

UKM akan susah untuk berkembang andai pelaku usaha tidak memahami bagaimana metodenya memasarkan sebuah produk. Nah, inilah ini ialah beberapa dalil pentingnya strategi pemasaran untuk bisnis yang kita jalankan.

Pertama, pemasaran berfungsi untuk mengkomunikasikan mengenai informasi produk yang anda hasilkan untuk konsumen, mulai dari kelebihannya, fitur serta sekian banyak informasi detail mengenai produk.

Kedua, pemasaran berfungsi untuk menghadapi kompetisi bisnis. Misalnya saja strategi harga, strategi produk dan strategi promosi yang bakal menjadi senjata ampuh demi memenangkan persaingan.

Ketiga, marketing is a blood of company atau disebut pun sebagai darah perusahaan, tanpa mempunyai strategi pemasaran yang baik maka  penjualan akan susah untuk menjangkau hasil yang maksimal.

Keempat, tujuan urgen dengan adanya strategi pemasaran ialah untuk membina merek. Secara simpel konsumen bakal lebih memilih brand produk yang telah mereka ketahui atau diandalkan sebelumnya. Jadi membina merek sangatlah urgen dalam pemasaran.

Kelima, strategi pemasaran sangat diperlukan untuk membina hubungan dengan konsumen. Di samping itu, pelaku usaha juga dapat menerapkan strategi customer retention sampai-sampai konsumen dapat menjadi loyal dan tidak beralih ke pesaing atau pelaku usaha lain.

Keenam, pemasaran berperan urgen untuk memahami apa yang menjadi kemauan konsumen. Salah satu ilmu dalam pemasaran yaitu penelitian pemasaran yang berperan guna mengetahui kemauan konsumen serta perilaku konsumen. Dengan begitu, semua pelaku usaha dapat mengetahui apa kemauan pasar.

Ketujuh, strategi pemasaran berperan urgen untuk mengawal pertumbuhan usaha dalam jangka masa-masa panjang. Usaha dalam jangka panjang akan paling ditentukan oleh kekuatan merek, kualitas produk yng didapatkan dan komunikasi pemasaran yang berkelanjutan.

Kedepalan, melewati strategi pemasaran yang jitu dan terobosan baru yang kita ciptakan, maka tidak memblokir kemungkinan andai kedepannya semua konsumen bakal lebih tertarik dengan produk yang kita tawarkan dikomparasikan dengan pesaing lainnya.

Semoga informasi mengenai guna pentingnya strategi pemasaran ukm ini dapat memberikan ekstra wawasan untuk para pembaca terutama pemula bisnis.

Bagikan

Info Terkait

Komentar

Tinggalkan Komentar Anda

berikan komentar anda untuk berita/informasi ini. Terimakasih

Informasi Pengusaha

Scroll